Dampak Makanan Siap Saji Dalam Kesehatan

Latar Belakang

Makanan adalah Sumber kebutuhan pokok manusia. Karena manusia pasti membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup. Makanan yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan, stabilitas emosional, dan semangat dalam menjalani hidup. Dan sebaliknya jika kita mengkonsumsi makanan enak tetapi tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti yang ditimbulkan dari makanan siap saji.

Tujuan Pembahasan

Mengetahui Dampak Positif dan Dampak Negative dari Mengkonsumsi Makanan Siap Saji

 

A. Pembahasan

SEPERTI APA MAKANAN SIAP SAJI ITU ?

Makanan siap saji yang dimaksud adalah jenis makanan yang dikemas, mudah disajikan, praktis, atau diolah dengan cara sederhana.Makanan siap saji biasa disebut dengan fast food dan junk food. Makanan tersebut umumnya diproduksi oleh industri pengolahan pangan dengan teknologi tinggi dan memberikan berbagai zat aditif untuk mengawetkan dan memberikan cita rasa bagi produk tersebut, biasanya istilah ini merujuk kepada makanan yang dijual di sebuah restoran atau toko dengan persiapan yang berkualitas rendah dan dilayankan kepada pelanggan dalam sebuah bentuk paket untuk dibawa pergi. Istilah “makanan siap saji” diakui dalam bahasa kamus bahasa Inggris Merriam-Webster pada 1951.

 

Makanan siap saji atau biasa disebut Junk Food itu sudah banyak tersebar, seperti :

  • Mie Instant                                       efek fast food / makanan cepat saji terhadap kesehatan tubuh
  • Nugget
  • Pizza Hut
  • MC DONALDS
  • Burger King
  • French Fries  
  • Dll

 

 

B. Sejarah Makanan Siap Saji atau Fast Food

Sejarah fast food sendiri telah ada sejak lama bahkan sebelum namanya menjadi fast food. Sebelumnya fast food dikenal sebagai quick service restoran. Ide restoran cepat saji ini berasal dari budaya romawi kuno, dimana konsep makanan siap saji itu ada selama permainan dan aktivitas budaya. Salah satu fakta sejarah makanan cepat saji yang akan membuat kamu kagum adalah bahwa industri bisnis makanan cepat saji global yang tumbuh sebesar 4,7% pada tahun 2006 dan raja-raja makanan cepat saji seperti McDonald’s memiliki gerai makanan hampir 31.000 berjalan di 126 negara dan 6 benua!

Selain itu, di negara berkembang seperti India, bisnis makanan cepat saji tumbuh pada tingkat yang luar biasa, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 41% per tahun!

Sesuai kronologi sejarah makanan cepat saji, beberapa pelopor yang mengubah bisnis makanan cepat saji dan mendirikan monopoli dalam bisnis ini , dimulai pada awal 1920-an dan 1940-an. Pertumbuhan mereka sangatlah luar biasa, menggurita dimana-mana serta menjadi bagian tak terpisahkan kehidupan manusia modern.

Fast food mengandung banyak lemak, sodium, dan gula yang telah dinyatakan bisa menurunkan kepadatan tulang. Selain itu, fast food juga tidak mengandung nutrisi yang seimbang karena proses memasaknya yang tidak bisa dikontrol. Beberapa jenis fast food kaya akan minyak dan mentega, yang tentunya juga tanpa ada jaminan kebersihan, dan hampir tidak tersedia pilihan fast food dengan kadar lemak yang dikurangi. Di samping itu, fast food juga cenderung hanya mengandung sedikit sayur dan buah.

C.  Zat Aditif Yang Terkandung Dalam Makanan Siap Saji :

1.  Penyedap rasa (mono sodium glutamate)

Monosodium glutamate adalah garam natrium (sodium) dari asam glutamate (salah satu asam amino non-esensial penyusun protein) yang secara alami terdapat pada semua bahan makanan yang mengandung protein. Salah satu bahan penyedap rasa yang kerap dikonsumsi masayarakat adalah monosodium glutamate (MSG) atau biasa disebut mechin atau vetsin. Yang dijual dalam bentuk kristal halus berwarna putih, mirip dengan gula pasir atau garam dapur. MSG buatan inilah yang disinyalir dapat memberikan efek negative bagi tubuh manusia.

2. Pengawet seperti BHA

Butylated hydroxyanisole (BHA) dan butylated hydrozyttoluene (BHT) adalah antioksidan untuk mencegah makanan dalam kemasan berbau tengik dan berminyak. Bahan kimia ini banyak terdapat pada sereal, permen karet, keripik kentang, dan minyak sayur

3. K-nitrit

K-nitrit, bahan pengawet ini biasanya digunakan pedagang untuk mengawetkan daging kornet, daging kering,daging asin, pikel daging.

4. Anti kempal

Zat aditif ini dapat mencegah pengempalan makanan yang berupa serbuk. Contoh: aluminium silikat (susu bubuk), dan kalsium aluminium silikat (garam meja).

5. Pemutih dan pematang tepung (aseton peroksida)

Zat aditif ini dapat mempercepat proses pemutihan atau pematangan tepung sehingga dapat memperbaiki mutu pemanggangan. Contoh: Asam askorbat, aseton peroksida, dan kalium bromat.

6. Sekustran (asam fosfat)

Adalah bahan yang mengikat ion logam yang ada dalam makanan. Contoh: asam fosfat (pada lemak dan minyak makan), kalium sitrat (dalam es krim), kalsium dinatrium EDTA dan dinatrium EDTA.

 D. Dampak Positive Makanan Siap Saji

  • Mudah dibeli atau didapat
  • Lebih cepat dan instant
  • Praktis

 E. Dampak Negative Makanan Siap Saji

  • Dampak dari Sulfit : Sesak napas, gatal-gatal dan bengkak
  • Dampak dari penggunaan MSG : Rasa terbakar di bagian leher, mati rasa di bagian belakang leher, stress dan tegang pada kulit wajah, dada terasa sakit, sakit kepala, detak jantung yang cepat, rasa lemah/cepat lelah, memicu hipertensi, asma, kanker serta diabetes, kelumpuhan serta penurunan kecerdasan, kerusakan otak,kelainan hati, trauma, demam tinggi, mempercepat proses penuaan, alergi kulit, mual, muntah, migren, asma, ketidakmampuan belajar, dan depresi
  • Dampak dari BHA : Menimbulkan efek ketagihan bagi yang mengkonsumsinya.
  • Dampak dari Pemutih dan Pematang Tepung : efek pada masa kehamilan, dan gangguan darah, menyebabkan bisul pada perut, batu pada tumor, dan kandung kemih
  • Kegemukan dan obesitas
  • Kanker payudara

Selain bahaya yang ditimbulkan zat aditif makanan itu,juga yang perlu diwaspadai adalah bahaya yang terdapat pada kemasan makanan cepat saji.Sampai saat ini menurut Ketua Federasi Pengemasan Indonesia Hengky Darmawan di Indonesia sistem pengemasannya baru 10% yang sesuai aturan SNI. Pemilihan jenis kemasan harus memperhatikan food grade dan food safety (Kompas, 2003).Namun pada kenyataannya produsen jarang mempertimbangkan hal tersebut.Dibandingkan dengan memperhatikan unsur kesehatan,produsen memilih kemasan dengan dipengaruhi faktor tampilan yang menarik,melindungi produk yang dikemas dan pertimbangan ekonomis.

F. Bahan yang selama ini digunakan memiliki beberapa dampak negatif bagi kesehatan,diantaranya:

  • Plastik atau styrofoam (pembungkus mie instant dan nugget) bersifat mutagenik (mengubah gen) dan karsinogenik,
  • PVC (polyvinyl clorida untuk pembungkus kembang gula) yang dapat menghambat produksi hormon testosteron (Atterwill dan Flack, 1992) ,
  • Kaleng (makanan buah, susu, makanan lauk-pauk) disinyalir mengandung timbal (Pb) dan VCM (Vinyl Chlorid Monomer) yang bersifat karsinogenik yaitu memacu sel kanker (Media Indonesia, 2003).

G. Kesimpulan

Semakin berkembangnya iptek semakin mudah membuat suatu penemuan yang dapat menimbulkan dampak baik dan buruk seperti salah satu contohnya masakan siap saji ini yang sudah tercampur dengan banyaknya zat yang terkandung.

 H. Saran

Dalam era ini kita harus pintar-pintar memilih makanan mana yang baik dan tidak baik untuk kesehatan karena jika kita salah memilih akan berdampak buruk bagi kesehatan kita.

 

Referensi :

http://asroribaracuda.wordpress.com/2011/06/01/zat-aditf-pada-makanan/

http://id.wikipedia.org/wiki/Makanan_siap_saji

http://www.makanansehat.web.id/2012/10/efek.konsumsi.fast.food.terhadap.tubuh.html

http://cookiesandme.wordpress.com/2010/11/09/zat-aditif-pada-makan-cepat-saji/

http://www.ibudanbalita.com/diskusi/pertanyaan/77593/Dampak-negatif-makanan-cepat-saji-bagi-kesehatan

http://arhamvhy.blogspot.com/2012/05/10-makanan-cepat-saji-paling-populer.html

http://shandybt.wordpress.com/tag/bha-dan-bht/

http://sman11mks.com/index.php?option=com_kunena&func=view&catid=64&id=229192&Itemid=100042

About these ads

9 thoughts on “Dampak Makanan Siap Saji Dalam Kesehatan

  1. saya sedang membuat berita tentang dampak fast food bagi kesehatan untuk tugas kuliah, kalau boleh saya mengambil penelitian ini menjadi informasi dasar pemberitaan. blh saya tau kontak anda? via email. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s