Masakan Kesukaan

MASAKAN KESUKAAN

 

CUMI GORENG TEPUNG

Pada kesempatan ini saya akan berbagi resep tentang masakan kesukaan saya ,yaitu cumi goreng tepung. Cumi adalah salah satu seafood yang paling digemari oleh para pencinta seafood seperti saya ini. Walaupun harganya cukup mahal tetapi cumi selalu laku dipasaran. Banyak anak muda atau orang dewasa yang selalu memesan cumi goreng tepung atau biasa disebut calamari ini direstoran-restoran atau kafe-kafe .

Berikut ini saya akan memberikan informasi tentang manfaat dan khasiat serta resep membuat calamari yang lezat, seperti dibawah ini :

 

Cobalah cumi-cumi yang krispy dan gurih ini. Berbumbu sarat dengan aroma dan rasa menggigit. Dengan sedikit mayonaise dan sayuran, siap disantap

.Gambar

Bahan : 

  • 500 gr cumi, pilih ukuran besar
  • 1 sdm tepung terigu (kurang lebih), untuk melumuri
  • 1/2 sdt garam halus
  • 500 ml minyak, untuk menggoreng

Bahan pencelup : 

  • 1 butir telur, kocok sebentar
  • 50 gr tepung terigu + 50 gr tepung maizena (kurang lebih)
  • 1/3 sdt merica bubuk
  • 1/3 sdt garam halus
  • 50 ml air dingin

Cara membuat : 

  1. Pisahkan kepala cumi dari badannya dan cuci bersih hingga putih. Iris bulat tipis dan rendam dalam air es selama kurang lebih 2 jam (simpan dalam lemari es).
  2. Adonan celupan : kocok telur sebentar, kemudian campurkan dengan bahan lainnya, aduk rata. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kental. Sisihkan.
  3. Iris cumi bentuk bulat setebal kurang lebih 1/2 cm. Lumuri tepung terigu yang di beri sedikit garam, tipis-tipis saja, ratakan.
  4. Panaskan minyak cukup banyak diatas api sedang. Celupkan cumi iris bertepung ke dalam adonan celupan, goreng satu per satu hingga berwarna kuning kecokelatan dan matang. Angkat, tiriskan.
  5. Sajikan hangat dengan saus cabai botolan atau mayones sesuai selera.

 

MANFAAT CUMI-CUMI

KANDUNGAN KIMIA

Ditinjau dari nilai gizi, cumi-cumi memiliki kandungan gizi yang luar biasa karena kandungan proteinnya cukup tinggi , yaitu 17,9 g/100 g cumi segar. Daging cumi-cumi memiliki kelebihan dibanding dengan hasil laut lain, yaitu tidak ada tulang belakang, mudah dicerna, memiliki rasa dan aroma yang khas, serta mengandung semua jenis asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Asam amino esensial yang dominan adalah leusin, lisin, dan fenilalanin. Sementara kadar asam amino tersebut berkonstribusi besar terhadap timbulnya rasa sedap dan gurih, sehingga dalam pengolahannya tak perlu ditambahkan penyedap ( seperti monosodium glutamate = MSG ).

Cumi-cumi juga mengandung beberapa jenis mineral mikro dan makro dalam jumlah yang sangat tinggi. Kadar mineral yang terkandung pada cumi-cumi sangat bervariasi walaupun dalam satu spesies yang sama. Variasi ini tergantung pada keadaan lingkungan hidup, ukuran, dan umur. Mineral penting pada cumi-cumi adalah natrium, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan selenium. Selain kaya akan protein, cumi-cumi juga merupakan sumber vitamin yang baik, seperti Vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B12, niasin, asam folat serta vitamin larut lemak (A, D, E, K).

Cumi-cumi juga mengandung TMAO (Trimetil Amin Oksida) yang cukup tinggi. TMAO yang tinggi ini memberikan rasa yang khas terhadap daging cumi-cumi. Daging cumi-cumi juga banyak mengandung monoamino nitrogen yang menyebabkan cumi-cumi mempunyai rasa manis. Kandungan sulfur yang cukup tinggi pada cumi-cumi juga menyebabkan cumi-cumi berbau amis ketika mengalami perlakuan pemasakan seperti direbus.

Cairan tinta cumi-cumi bersifat alkaloid, sehingga tidak disukai oleh predator, terutama ika. Cairan berwarna gelap ini mengandung butir-butir melanin atau pigmen hitam. Melamin alami adalah melanoprotein yang mengandung 10-15 persen protein. Melanin ini mengikat protein melalui asam amino yang mengandung sulfur, yaitu sistein.

 

KHASIAT

  1. Anti Tumor.

Selain lezat, cumi-cumi kaya gizi. Ada protein, mineral dan macam-macam vitamin. Tinta cair yang dimilikinya berguna untuk memerangi tumor.

  1. Mendukung Pertumbuhan Tulang

Fosfor dan kalsium berguna untuk pertumbuhan kerangka tulang, sehingga penting untuk pertumbuhan anak-anak.

  1. Mencegah Osteporosis

Fosfor dan kalsiumnya juga berguna untuk mencegah osteoporosis dimasa tua.

  1. Menurunkan Kolesterol

Kadar lemak daging cumi-cumi termasuk kedalam kandungan kolesterol dalam darah.

  1. Mengaktifkan Sel Darah Putih

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Hiroki University Jepang, tinta cumi-cumi dan sotong mempunyai banyak kegunaan, yaitu dapat mengaktifkan sel darah putih untuk memerangi tumor.

  1. Menyembuhkan Kulit Bernoda dan Berlubang

Biasanya pada penderita penyakit cacar, kulit menjadi bernoda dan berlubang. Hal ini dapat diobati dengan menggunakan cumi yang telah dikeringkan, ditumbuk dan disaring, lalu digunakan sebagai bedak sebelum tidur.

 

PERHATIAN MENGKONSUMSI CUMI

Kadar lemak pada daging cumi relative mudah, yaitu 7,5 g/ 100 g bahan, masing-masing terdiri dari 1,9 g asam lemak jenuh , 2,7 g asam lemak tidak jenuh tunggal, serta 2,1 g asam lemak tidak jenuh ganda.

Walaupun demikian, konsumsi cumi-cumi berlebih harus dihindari karena kadar kolesterolnya lumayan tinggi, yaitu mencapai 260 mg/ 100 g bahan. Di dalam kelompok ikan laut, kadar kolesterolnya pada cumi, udang, lobster dankepiting memang tergolong tinggi. Namun, kadar kolesterol pada produk perikanan tersebut masih relative lebih rendah dibandingkan dengan kuning telur, hati, jeroan serta otak ternak.

Hal yang perlu diingat tentang kolesterol adalah kita harus mencegah sifat fobia. Bagaimanapun kolesterol dalam jumlah wajar sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, baik untuk pertumbuhan sel ( termasuk sel-sel otak ) serta sintesis hormone seks dan vitamin D.

Pada manusia, kolesterol dapat disintesis sendiri di dalam tubuh, yaitu dibagian hati, korteks, adrenal, kulit, usus, testis, lambung, otot, jaringan adipose dan otak. Sekitar 12 persen dari berat kering otak terdiri atas kolesterol. Tanpa kolesterol, struktur otak tidak mungkin terbentuk dengan sempurna.

Menurut panduan yang dikeluarkan oleh National Heart, Lung and Blood Institute (NHLBI), kadar kolesterol total yang baik bagi tubuh manusia berada di bawah 200 mg/dl, HDL lebih dari 35 mg/dl, LDL kurang dari 130 mg/dl, dan trigliserida kurang dari 250 mg/dl. Kadar kolesterol di atas 200 mg/dl dapat menimbulkan ancaman berbagai penyakit, seperti aterosklerosis (penyumbatan pembulu darah), stroke dan penyakit jantung kororner.

Meskipun dianggap berbahaya, kolesterol tetap dibutuhkan oleh tubuh. Manusia rata-rata membutuhkan 1.100 miligram kolesterol per hari untuk memelihara dinding sel dan fungsi fisiologis lain. Dari jumlah tersebut 25-40 persen (200-300 mg) secara normal berasal dari makanan dan selebihnya disintesis oleh tubuh.

Karena itu konsumsi kolesterol dalam batas wajar, yaitu tidak lebih dari 300 mg per hari sangat perlu dilakukan. So, anda tidak perlu khawatir pada kadar kolesterol pada cumi. Sebab jika anda menghindari cumi-cumi, bererti anda akan kehilangan zat gizi lain yang khasiatnya sangat besar bagi kesehatan tubuh.

 

Gimana informasi yang saya sudah berikan diatas? Sudah tau kan sekarang manfaat dan kandungan yang terdapat pada cumi? So, bagi yang takut terkena kolesterol karena makan cumi. Jangan khawatir karena selama kita masih dalam porsi atau batas wajar. Apalagi rasanya yang menggiurkan itu loh. Krispy nya siap dilahap bagi yang melihat. Yummmy…

Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian semua, bila ada kesalahan dan kekurangan kata mohon maaf dan mohon dibenarkan.

 

 

Sumber : http://www.foods-recipe.com/resep/7/221/hidangan-anak/cumi-goreng-tepung/

                 http://hewan-cumi-cumi.blogspot.com/2011/11/manfaat-cumi-cumi.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s