Es Pocong

Pitria Juliani R                45212673
Merryta Elsa R               
Vilianti S                         47212591
Syarifah F                      47212262
Dwi Seftyas                    42212308
Hendra S                        43210206

 


Laporan Survey

BAB 1

PENDAHULUAN

Latar Belakang
          Di zaman ini keaadaan perekonomian sudah semakin sulit. Banyak sekali persaingan usaha di berbagai bidang dalam kehidupan masyarakat. Termasuk berwirausaha yang sekarang menjadi perbincangan dan banyak digeluti. Banyak yang berlomba untuk mendapatkan keuntungan pasar sehingga memicu para wirausahawan untuk terus maju dalam usahanya.
          Dalam berwirausaha para wirausahawan berbisnis tidak mesti harus besar akan tetapi usaha kecil menengah (UKM) sudah mampu mengurangi jumlah pengangguran. Contohnya dalam bidang kuliner sebagai suatu kebutuhan primer yang banyak digemari oleh setiap orang. Salah satu makanan yang menjadi usahanya kini adalah ES POCONG. Sudah terkenal di lokasi depok, tepatnya di JL. Margonda Raya No. 519

Menurut hasil pengamatan yang kita survey kemarin banyaknya konsumen yang sangat menyukai atau menggemari berbagai hal siap saji.

Rumusan Masalah
Seperti apakah profil UKM “Es Pocong” ?

Rumusan Tujuan
Mengetahui profil UKM “Es Pocong”

Tujuan
Untuk memenuhi tugas softskill dan menajemen keuangan dapat mengetahui modal apa yang harus pengelola miliki untuk dapat mendirikan usaha tersebut.

Manfaat
Dengan observasi ini kita mendapatkan manfaat seperti penjelasan dari pengelola usaha minuman yaitu Es Pocong serta mendapatkan pengalaman baru apabila ingin melakukan usaha.

BAB II
METODE OBSERVASI

Lokasi
Kita melakukan observasi ini adalah di daerah Depok,Jln Margonda Raya No. 519 karena kita juga kuliah di Universitas Gunadarma. Lokasi ini dipilih agar lebih mudah dalam pelaksanaanya.

Metode pengumpulan data
Kita mengumpulkan data dengan cara wawancara secara langsung dengan salah satu pengelolanya karena pada saat kita survey ke lokasi, owner dari salah satu itu sendiri tidak sedang ditempat. Kita sudah mempersiapkan beberapa pertanyaan , kemudian mencatat pertanyaan dari pengelola usaha ini.

Analisis data
Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari hasil wawancara. Kemudian kita membuat rangkuman untuk menyusun laporan. Berdasarkan kenyataan atau sebenarnya dan data sesuai dengan jenisnya.

 

BAB III
PEMBAHASAN

Profil usaha
Usaha ini didirikan oleh 3 orang owners yaitu Bpk Rahmat ,Bpk Hakim, Bpk Haris dan keluarga 8 tahun yang lalu,tepatnya 19 juni 2006. Lokasi usaha (jl margonda raya no 519 kota depok). Letak yang sangat strategis yang biasa orang lewatin karena berada dipinggiran jalan atau arah ke stasiun UI tepatnya, yang dulunya masih berbentuk kedai pada awal buka tetapi karena sudah mulai berkembang Es Pocong ini membuka cabang di daerah Jati Asih.
Pendidikan Bpk Rahmat : film IKJ, Bpk Hakim jurnalis ISIP, Bpk Haris Poltek UI.
untuk membangun usaha ini menggunakan sumber modal sendiri dan pinjaman dari bank. Saat ini omzet perbulan 100 jt/bulan, harian 3jt, weekend 5jt.
jenis usaha : makanan/ minuman (cafe).

BAB IV
PENUTUP

KESIMPULAN
Dari survey yang kami lakukan, pengusaha UKM Es Pocong ternyata memiliki penghasilan yang tinggi dan dapat menciptakan lapangan kerja.

 

SARAN
Usaha ini memiliki prospek yang sangat bagus sejauh ini, “tanpa basic pun kita bisa menjadi pengusaha asalkan kita konsekuen”. Jadi mengapa tidak atau sebaiknya kepada pengusaha untuk membuka lapak baru agar mangsa pasar lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s