SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Sistem
Kata “Sistem” berasal dari bahasa yunani, yaitu systema, yang artinya himpunan bagian atau komponen yang saling berhubungan secara teratur dan merupakan suatu keseluruhan.
Sistem terdiri atas struktur dan proses.
Ada beberapa pengertian system menurut dari beberapa ahli, seperti :
1. Menurut Ludwig (1991), sistem adalah seperangkat unsur yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi dalam satu lingkungan tertentu.
2. Menurut Mudrick R.G (1991:27), sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan dengan mengoperasikan data dan atau barang pada waktu tertentu untuk menghasilkan informasi.
3. Menurut Raymond Mcleod (2001), sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi untuk mencapai suatu tujuan.
Dengan demikian, sistem merupakan kumpulan dari beberapa bagian yang memiliki keterkaitan dan saling bekerja sama serta membentuk suatu kesatuan untuk mencapai tujuan dari sistem tersebut.

Informasi
Informasi atau dalam bahasa inggrisnya adalah information, berasal dari kata informacion bahasa perancis. Kata tersebut diambil dari bahasa Latin, yaitu informationem yang artinya “konsep,ide,garis besar”. Informasi adalah sebuah data yang sudah diolah atau diproses sehingga menjadi suatu bentuk yang memiliki arti bagi penerima informasi yang memiliki nilai bermanfaat.
Contoh : Ketika menerima informasi baru, ketika kita sebagai investor bertanya kepada manager suatu perusahaan tentang laporan keuangan dan sang manager menjawab pertanyaan kita itu. Jawaban tersebut merupakan informasi bagi kita karena kita menjadi tahu laporan keuangan tersebut dan dapat mengambil keputusan
• Sumber Data Informasi
Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti sehubungan dengan kenyataan, simbol-simbol, gambar-gambar, angka-angka huruf atau symbol yang menunjukkan suatu objek, ide, kondisi yang didapatnya melalui suatu observasi atau secara data diartikan sebagai keterangan tentang sesuatu.
• Fungsi Informasi
Informasi dapat menambah pengetahuan atau mengurangi ketidakpastian pemakai informasi ketika berbekal informasi seseorang dapat mengambil keputusan dengan baik.

MANAJEMEN
Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien.

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
1. Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Menurut Abdul Kadir (2002), sistem informasi manajemen adalah sistem informasi yang digunakan untuk menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.
2. Tujuan Sistem Informasi Manajemen
Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen yaitu seperti menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan seperti menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

Contoh kasus pada PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari :
Pada penerapan Sistem Informasi Manajemen dalam PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahri pada bagian Anggaran. Bagian Anggaran perusahaan pasti memiliki tingkatan manajemen, mulai dari staff, kepala subdivisi, hingga kepala divisi anggaran. Manajemen tingkat bawah seperti staff menggunakan sistem pemrosesan transaksi untuk membantu kegiatan. Sistem pemrosesan transaksi dalam bagian anggaran ada banyak macamnya seperti pencatatan transaksi masuk dan transaksi keluar atau pembayaran perlengkapan serta kebutuhan perusahaan, dan lain-lain. Manajemen Menengah seperti kepala subdivisi menggunakan sistem informasi manajemen yang terdiri dari beberapa kegiatan seperti membuat laporan dan yang terakhir ada kepala divisi anggaran sebagai manajemen tingkat atas yang mengambil keputusan apakah suatu anggaran itu baik atau tidaknya agar menjadi lebih baik lagi.

Referensi : Dr.H.A. Rusdiana, M.M. & Moch. Irfan, S.T., M. Kom. 2014. Sistem Informasi Manajemen
http://blogseobrilliant.blogspot.com/2014/03/pengertian-dan-fungsi-manajemen.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s